Rasulullah SAW bersabda

Rasulullah SAW bersabda :

"Barang siapa di antara kalian melihat suatu kemungkaran hendaklah ia mengubah dengan TANGANnya; jika tidak mampu, maka dengan LISANnya; jika ia masih tidak mampu, maka dengan HATInya dan itu adalah selemah-lemahnya iman.” (HR. Muslim).

Siapa yang bisa mengubah / merobak
kemungkaran atau maksiat / sejenisnya...?

1. TANGAN,
Tangan yang dimaksud adalah PENGUASA / PEMERINTAH, sebab pemerintah punya aparat,(Polisi, TNI dan sejenisnya)

2. LISAN,
Lisan yang dimaksud adalah Ulama, Ustad, Kiyai, Mubaligh (Tokoh Agama) dengan Ilmunya untuk menasehati dengan cara-cara lembut dan bijaksana.

3.. HATI
Hati yang dimaksud adalah KITA (masyarakat) yg lemah yg tdk punya kekuatan apapun, minimal menghindari atau menjauhkan diri dari perbuatan mungkar dan maksiat, itu juga termasuk JIHAD (berjuang) agar tdk terjerumus ke dalam kesesatan.

JELASSSSSSSS.....????

tausiah KH. Zaenuddin MZ (Alm)
https://archive.org/details/KHZainuddinMZ |
Judul : Arak dan Judi Racun Kehidupan.
=========================
Hadist diatas

Ada sebagian kalangan ummat MUSLIM di tafsirkan BERBEDA dengan modal hadist diatas sebagian kalangan ummat muslim di jaman sekarang melakukan aneka aksi-aksi demontrasi, sweeping yang berujung bentrok dengan petugas keamanan.

PETUGAS KEMANAN YG MANA ???
Petugas keamanan yg ada di INDONESIA (Polisi / TNI / SATPOL PP, HANSIP, dkk) dan mayoritas penegak hukum Indonesia adalah ber AGAMA ISLAM, artinya kita (Masyarakat) diadu domba sesama saudara se akidah oleh oknum tertentu yg memiliki kepentingan…

Alih-alih yang katanya JIHAD / menegakkan ISLAM, justru berakhir dengan bentrokan dan tidak sedikit pelakunya anarkis dan tidak sedikit pula justru masuk penjara.

SIKAP KITA (MASYARAKAT)
sudah jelas MENDO'AKAN untuk kebaikan negeri tercinta INDONESIA, bukan menambah-nambahi kegaduhan bahkan sampai menambahkan jumlah korban baik nyawa atau harga benda....