PERCETAKAN DAN SABLON


https://www.facebook.com/media/set/?set=a.729273057110461.1073741854.100000833205349&type=3
Album foto : LIHAT (Klik Foto)

 PERCETAKAN dan SABLON

Masih sering liat papan nama bertuliskan "PERCETAKAN dan SABLON" padahal PERCETAKAN itu sendiri sudah mencakup semuanya termasuk SABLON,

MELAYANI PERCETAKAN
- SABLON
- OFFSET
- DIGITAL
- ADVERTISING
- de el-el....

Percetakan secara garis besar di bagi 2, Kertas dan Non Kertas. Konveksi atau yang bukan berbahan kertas itu katagori percetakan non kertas jika didalamnya masih ber unsur gambar dan teks itulah pekerjaan ORANG PER-CETAK-AN (GRAFIKA) orang yang terlibat didalamnya banyak ada bagian PRA CETAK, CETAK dan FINISHING.

Mungkin...

PERCETAKAN dan SABLON itu terdiri dari dua bidang (Percetakan artinya melayani cetak OFFSET mengerjakan hasil cetakan dengan menggunakan mesin cetak, SABLON dikerjakan menggunakan tenaga manusia seperti Konveksi, kaos, spanduk, umbul dan teman-temannya.

Orang SABLON dengan orang OFFSET gak nyambung kadang orang offset menggunakan jasa tukang sablon atau orang sablon mengunakan jasa offset contoh cetak faktur gak bisa disablon (bisa tapi gempor), orang offset mau cetak kaos ya ketukang sablon (konveksi) dn seterusnya.....

Tukang SETTING dan tukang DESAIN itu BERBEDA....

RIBET.....
karena perkembangan teknologi
PERCETAKAN dan KOMPUTER itu melesat

Banyak yang konsultasi ingin membuka percetakan, saya selalu tanya "ADA UANG BERAPA / MODALNYA...?" maksudnya biar ketahuan dengan modal sekian nanti akan usaha percetakan dibidang apa.

Dengan modal Rp. 100.000,- aja orang udah bisa kebeli peralatan cetak sablon, tapi harus memiliki ke ahlian khusus tentang teknik cetak sablon, bagi yg awam tapi punya duit guade gak perlu keahlian khusus juga bisa buka percetakan, peralatan produksi percetakan tinggal mijit-mijit aja (digital).

 

segitu ajah....