SEMUA DO'A PERMOHONAN MANUSIA DI DENGER ALLAH SWT







SEMUA DO'A PERMOHONAN MANUSIA DI DENGER ALLAH SWT

diteras sekolah inilah saya pernah bergumam dan menyampaikan permohonan kepada Alloh SWT, begini kisahnya...

ketika itu memang saya sangat ingin bercita-cita ingin jadi seorang Tentara, makanya sejak SD sudah saya persiapkan fisik dengan mengikuti kegiatan olahraga bela diri, mulai dari pencak silat bangau putih, cimande, panjalu, sampai saat menginjak SMP saya mengikuti kegiatan olahara bela diri. 

saat lulus SMP saya sudah siapkan rencana untuk bersekolah di salah satu SMA di Bogor, tapi ketika itu Ibu saya menyarankan untuk masuk SMK entah siapa saya lupa yg menyarakan ke ibu saya untuk masuk SMK Grafika.

agar tidak penasaran dan sekaligus tidak mengecewakan ibu, akhirnya saya putuskan untuk mendaftarkan diri ke dua sekolah sekaligus SMA dan SMK, saya sampaikan ke ibu "bu saya daftarkan diri kedua sekolah satu sesuai keinginan ibu, satunya lagi sesuai keinan saya, jika saya diterima di SMA berarti saya akan meneruskan untuk menjadi seorang tentara, tapi jika di terima di SMK duluan sayapun akan melanjutkan sekolah disana dan akan menggugurkan niat saya untuk menjadi seorang tentara"

menunggu dan menunggu dan akhirnya ternyata saya diterima di SMK, baik jika demikian saya akan menggugurkan niat saya untuk menjadi seorang tentara, saat itu blank dalam otak saya "setelah lulus gw mau ngapain ya ?, kerjapun saya tidak mungkin karena kedua orang tua saya pedagang bukan pekerja"

akhirnya pada suatu waktu, saya datang lebih pagi kesekolah, dilorong sekolah itulah saya berdiri dan bergumam menyamaikan doa'a dalam hati, seperti ini " Ya Alloh, ternyata saya sekolah di SMK Grafika tidak seuai cita-cita saya dulu saat SD, jika memang setelah lulus saya tidak bermanfaat disekolah ini, berikan jalan untuk saya agar saya bisa mengabdikan diri disalah satu yayasan yg isinya anak-anak yatim, tapi jika di sekolah ini saya membawa manfaat, berikan jalan yg terbaik untuk saya agar saya menjadi seorang wirausaha yang bermanfaat"

se iring berjalannya waktu dari kelas 1 ke kelas 2 dan akhirnya saya mendapatkan ilmu keterampilan proses cetak mencetak (teknik cetak sablon), tiap hari saya tekuni teknik cetak sablon. pada suatu hari ada seorang kaka kelas tiga menawarkan satu perangkat cetak sablon seharga Rp. 85.000,-"din, gw mau jual alat-alat sablon gw neh, gw gak jadi wirausaha kebetulan ada peluang kerja di perusahaan" saya jawab "aduh broh lagi gak punya duit, gw hutang ya...?" di jawab sama kaka kelas "ya udah eloh pegang uang berapa sekarang" saya jawab lagi ini ada Rp. 50.000,- sianya nyusul, diangkutlah itu satu perangkat alat cetak, satu minggu kemudian terlunasi sisanya.

hehehe.....
modal awal gw cuma Rp. 85.000,-

dari situ saya tambah gesit untuk belajar cetakan dan akhirnya berani menerima order cetakan, kala itu saya punya teman dari sekolahan lain, biasalah cowo temen yg bisa diajak bisnis siapa lagi kalo bukan cewe, suit...suit....

masih itu waktu itu masih jamannya kartu nama "KLOP" kartu nama dengan latar gambar-gambar yg imut dan lucu, cocok lah buat cewe-cewe ABG sekolahan lain, temen saya tadi ternyata membantu memasarkan barang percetakan saya dan akhirnya ruame buanget.

makin berani, akhirnya saya sewa lapak di pasar bogor jalan roda (samping yogya dept Store), saya sewa per bulannya Rp. 50.000,- lapak perdana seluas 2.5 x 1.5 M2, udah deh mulai dari situ saya sibuk dengan pekerjaan, sepulang sekolah saya menuju lapak sampai sore tiba.

Mayanlah bisa membiayai sekolah sendiri gak minta ma orang tua lagi, pada tahun tersebut pasca krisis moneter pemerintah menggalakkan kewirausahaan yang diselenggarakan oleh DIKMENJUR bekerja sama dengan LPM IPB Bogor, nah salah satu sekolah SMK Grafika Mardiyuana - Bogor, sebenarnya waktu itu saya tidak masuk sebagai peserta yg dipilih ya kawan-kawan yg memiliki nilai baik, dibuatkan beberapa group namun ternyata dari beberapa proposal yg diajukan tidak ada satupun yang diterima.

hehehe....
saya dapat kesepatan kedua, itu juga ngedadak pula "kamu kalo mau ikutan kompetisi modal kerja silahkan bikin proposal, hanya dikasih waktu dua hari sebelum ditutup" wow.... orang macam gw mana tau proposal kaya gimana bentuk dan isinya, ya sudahlah banyak teman ini nanti saya tanya kanan kiri seperti apa itu proposal.

Pergilah saya malam-malam ba'da magrib ke rental komputer di daerah malabar, tanya kanan kiri gak ada yg kasih tau proposal, akhirnya dari unit satu ke unit berikutnya saya "Search.... " ketik proposal gak nongol, ketik surat gak nongol, pindah kepojokan unit terakhir komputer  "Search.... " ketik "wirausaha" jeng...jeng maka muncullah artikel sebagai berikut : http://toekhangoprek.blogspot.com/2013/01/wirausaha.html sebenarnarnya itu bukan proposal tapi artikel yg berkenaan dengan wirausaha, say baca penuh hikmat dan ternyata saya termotivasi.

ya sudah akhirnya saya membuat proposal semalam suntuk sampai jam 2 pagi, kelar dan di print out cabut dompet eh...ternyata duit kurang broh, akhirnya ngutang deh sama si pemilik rental Koni Dave (hehehe...) sorry broh duitnya kurang neh, ini ketikan gw tahan aja disini, besok pagi diambil, jawab bang Koni, SIAP DIN SANTAI AJA....

pulang kerumah, berhubung takut bangun kesiangan akhirnya saya tidur dibawah pintu rumah, maksudnya biar subuh ada ibu saya bangunkan, karena tiap subuh ibu saya siap-siap pergi ke pasar, Al hasil pagi itu saya ke injek ibu saya, dikirain karung ampe di tendan-tendang wkwkwk.....

beruntung saya bisa bangun subuh, pagi-pagi sekali sebelum menuju sekolah saya meluncur dulu ke rental komputer buat ambil print out dan bayar utang (lupa nilai nominalnya berapa).

berhubung dapat ijin dari sekolah, saya langsung meluncur ke IPB karena memang waktunya sangat terbatas, Alhamdulillah proposal diterima dengan baik oleh panitia. pulang dan menunggu, selang beberapa minggu ada petugas dari IPB berkunjung kesekolah dinyatakan bahwa proposal saya diterima dan siap mengikuti proses kompetisi selanjutnya....

jeng...jeng.....
siangkat cerita proses dilalui kurang - lebihnya sampai memakan waktu 6 bulan, dan akhirnya uangpun cair Rp. 10.000.000,- tanpa potongan sepeserpun, sebenarnya saya waktu itu mengajukan modal kerja Rp. 25 jt namun dikondisikan dan akhirnya hanya dapat jatah Rp. 10 jt.

tak masalah....
yang penting saya berhasil mengikuti kompetisi, beberapa minggu kemudian langsung membuka usaha sekaligus buka usaha di dunia bidang percetakan dan rental komputer.

kenapa saya buka rental komputer, karena basic saya sebelum masuk dunia grafika sudah terlebih dahulu menguasai teknik komputer dan sering mondar-mandir ke rental komputer, lalu kenapa harus buka rental komputer ?

usaha jasa rental komputer kala itu thn 1999 tidak semua orang memiliki komputer dan tidak secanggih saat sekarang, kala itu komputer masih Pentium 1, tujuan keduanya untuk mengundang banyak orang. wirausaha percetakan tidak seperti wirausaha rental yg tiap hari dikonjungi orang.

begitulah strategi saya untuk memancing orang datang, selain menyewa jasa rental komputer otomatis memerlukan jasa percetakan, udah deh semuanya dapat, dan al hasil saya tiap hari dan tiap malam kerja.

beruntung saya banyak teman dan terbukti saya bisa memperkerjakan seorang mahasiswi salah satu perguruan di bogor sebagai sekretaris, dan beberapa orang yg jauh berumur dari saya hehehe....

singkat cerita ternyata do'a saya terkabulkan, saya menjadi seorang wirausawan, setelah lulus saya gunakan brand GRAFIKA SHINE PRINT (kalo di jabarkan seperti ; Nurdiansyah Lulusan Grafika jago urusan CETAK).

Do'a yg terkabul berikutnya saya menerima tawaran kerjasama dengan salah satu yayasan dari Jerman untuk mengelola sejumlah anak-anak yg kurang mampu (terlantar/jalanan) untuk dapat pembekalan ilmu keterampilan teknik cetak dan komputer.

dari situlah kegiatan wirausaha dan sosial terus saya perpanjang hingga saat ini dan Alhamdullilah saat ini sudah berdiiri yayasan bernama AL-Munadiyah diambil dari nama kedua orang tua kami H. Muntahar dan Ibu Hj. Yayah, berdiri diatas tanah seluas 1.200 M2 berkat sumbangsih kawan-kawan para penggiat industri printing dan para donator yg dengan tulus membantu kami.

saat ini yayasan dikelola oleh kedua adik saya Mulyadi, S.Kom dan Mulyana (sarjana agama), tugas saya seperti saat ini tiap hari depan komputer mengelola kegiatan wirausaha baik di darat ataupun di dunia maya.

Semuanya hanya titip dari Alloh SWT kelak saya akan meninggalkan dunia ini, mimpi saya terakhir semoga terkabul suatu hari nanti saya ingin meninggal ditengah-tengah anak yatim piatu, biarkan mereka yg akan meneruskan usaha saya dan semoga bermanfaat....

Amin...ya Robbal Alamin.

Kawan-kawan yang belum dapat kesempatan, BER SABAR, BER USAHA, BER SYUKUR dan jangan lupa BER SEDEKAH, Insya Alloh, semua yg kita lakukan diberikan kemudahan dan dapat membawa manfaat.

demikian, semoga bermanfaat....