Langsung ke konten utama
Jadi,
Anda sudah siap membuang kejenuhan bekerja dari pk 9 hingga pk. 5 dan mulai
membuka usaha Anda. Tapi yang Anda perlukan lebih dari sekedar nyali dan ide
kemenangan untuk berpindah dari karyawan menjadi pengusaha.
Ini
bukan hal yang mudah dan mungkin memerlukan biaya yang besar sebelum mencapai
kesuksesan.
Lebih dari separo usaha baru mengalami kegagalan
setelah lima tahun berjalan! Alasan utamanya , kurangnya pengalaman , dana atau
keterampilan manajemen.
Berikut adalah 10 kunci kualitas yang diperlukan
pengusaha agar sukses. Beberapa diantaranya mungkin telah Anda miliki dalam
kepribadian Anda, sementara yang lainnya harus terus menerus dikembangkan.
1.
PENGETAHUAN KHUSUS
Anda
harus memiliki pengetahuan khusus terkait dengan bisnis yang akan jalankan.
Tanpa mengetahui seluk-beluk produk atau dinamika market tertentu, Anda
menempatkan diri Anda pada kegagalan. Kurangnya pengetahuan akan membuat
keputusan yang buruk dan belajar dari kesalahan yang mahal bukanlah hal yang
mudah bagi pengusaha. Ketika Anda men-set bisnis, hanya ada satu peluang yang
sempit – satu atau paling banyak dua tahun – dimana Anda harus sukses sebelum
Anda kehabisan sumber atau energi. Terlepas dari pengetahuan khusus, Anda juga
harus memahami dasar area dan perdagangan bisnis Anda dengan cepat, mulai dari
akun dan administrasi sampai marketing dan produksi.
2. PERCAYA DIRI
Meluncurkan
bisnis baru adalah perjuangan dan tanpa kepercayaan diri dan kemampuan untuk
melihat situasi, maka akan mudah hancur. Karyawan mereflekseikan moral
pengusaha dan jika mereka merasa Anda tidak jujur atau tidak aman, mereka akan
menjadi gelisah dan tidak ada motivasi. Anda harus belajar menyimpan ketakutan
dan kecemasan dalam hati dan merefkeksikannya secara personal . Dihadapan
publik, Anda harus menjadi figur yang tenang dan percaya diri.
3. KEULETAN
Kemampuan untuk melihat situasi adalah kualitas yang
dimiliki pengusaha sukses. Orang yang demikian mampu bertahan dalam kondisi
bisnis yang tidak menentu dengan keteguhan dan keuletan. Kemauan yang kuat
lebih diperlukan di tahap awal usaha, bahkan ketika goncangan kecil terjadi
dalam bisnis. Pengusaha harus belajar untuk bangkit dari kegagalan yang
dihadapi.
4. MOTIVASI YANG TEPAT
Mengapa Anda ingin memulai usaha Anda ? Apakah
semata-mata untuk menghasilkan banyak uang sehingga Anda bisa membeli
kondominium? Apakah ada sesuatu yang lebih tinggi yang mendorong Anda ?
Pengusaha yang memiliki motivasi lebih tinggi daripada nilai sekedar kaya
cenderung membangun bisnis yang bisa bertahan lama . Mereka di dorong oleh
keinginan untuk menciptakan sesuatu yang berharga. Mereka memberikan benefit di
lingkungannya dengan memberikan produk dan jasa yang unik atau melakukan
sesuatu dengan cara yang lebih baik sehingga memberikan kesejahteraan bagi
setiap orang. Tentu, mereka juga menjadi kaya secara signifikan, tapi ini yang
jarang dijadikan motivasi utama.
5. KREATIFITAS DAN INOVASI
Kreatifitas adalah kemampuan memberikan solusi unik
dari permasalahan. Pengusaha sukses mengadopsi teknik pemecahan masalah yang
kreatif untuk menghadapi tantangan. Pemikiran kreatif dan inovatif yang
demikian diperlukan di semua area, dari mengisi kekosongan pasar, dan
memvisualisasikan produk dengan sistem dan prosedur yang lebih efisien dan
biaya yang efektif. Terkadang, hanya diperlukan satu ide bagus untuk mengubah
keberuntungan bisnis dan mengeluarkan produk yang bagus.
6. PANDANGAN STRATEGIK
Tidak
ada pengusaha yang sukses tanpa pandangan stratejik terhadap perubahan banyak
hal. Langkah apa yang harus diambil dimasa datang? produk baru apa yang
diluncurkan ? haruskah operasional dikonsolidasikan atau ekspansi ? investasi
uang atau membangun modal cadangan ? apa langkah kompetitor selanjutnya ?
akankah terjadi penurunan ekonomis ? Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut
tergantung pada pandangan stratejik pengusaha. Pengusaha yang sudah lama
malang-melintang di dunia bisnis memiliki pengalaman tersebut atau hanya dengan
mengandalkan memiliki peluang yang bagus untuk sukses karena mereka bisa
merasakan kemana arah angin bertiup dan akan mengarahkan kemudi di arah angin.
7. KEPEMIMPINAN
Seorang pengusaha harus bisa menjadi seorang pemimpin.
Kepemimpinan adalah kualitas yang memberikan panduan dan insipirasi bagi mereka
yang melihat ke arah Anda. Banyak orang yang beruntung terlahir dengan kualitas
kepemimpinan. Bagi yang lain, merupakan keterampilan yang didapat dari kerja
keras dan pengalaman. Bagaimanapun, tidak ada pengusaha berhasil tanpa kualitas
kepemimpinan untuk memotivasi orang yang bekerja dengannya, dorong mereka untuk
memberikan yang terbaik dan tentukan arah kemana mereka melangkah.
8. MENGHILANGKAN EGO
Pengusaha dengan ego yang tinggi tidak bisa menghargai
pandangan orang lain kecuali pandangannya sendiri. Mereka mudah tersinggung dan
orang yang berbakat akan kesulitan bekerja dengannya. Ini bisa menjadi pangkal
masalah. Karyawan dengan tingkat self-respect dan intelegensi akan meninggalkan
organisasi atau berusaha low profile di tempat kerja. Mereka yang ambisius akan
mengatakan pada bos apa yang hanya ingin dia dengar. Pengusaha yang egois tidak
bisa menilai karyawan berdasarakan kontribusinya pada perusahaan. Mereka akan
menilainya dari sudut pandang suka dan tidak suka. Pengusaha yang demikian akan
menjadi santapan kompetitor.
9. KEMAMPUAN UNTUK BERBELOK
Fleksibilitas dalam berpikir adalah kualitas kunci bagi
pengusaha. Mereka harus bisa merubah pandangan dan strategi berdasarkan situasi
yang terjadi. Untuk melakukannya, ego perlu dihilangkan . Jika Anda memiliki
sifat yang demikian, Anda tidak akan mengakui kesalahan yang sudah Anda buat
dan menolak untuk mempertanggungjawabkan keputusan Anda. Pengusaha yang egois
terus menggelontorkan uang untuk proyek yang tidak memiliki harapan memberikan
keuntungan. Salah satu contoh yang paling dikenal – yang masih diajarkan di
sekolah bisnis – yang memiliki kemampuan untuk berbelok adalah Microsoft.
Perusahaan ini tidak menghiraukan fenomena Internet saat mulai populer
dipenjuru dunia. Setelah dua tahun mengabaikannya, Microsoft meninjau ulang
posisnya dan “membelokkan perusahaan dalam sekejap .” Dalam melakukan
perubahan, perusahaan berhadapan dengan teknologi baru, melakukan akuisisi,
mengeluarkan produk baru, dan kini berada di garis depan revolusi Internet.
Semua ini tidak akan pernah terjadi jika manajer puncak tidak fleksibel dalam
melakukan pendekatan dan cukup rendah hati untuk mengatakan “Kami telah
melakukan kesalahan dalam hal ini .”
10. ETIKA
Etika adalah faktor terbesar yang didengar prospek
terhadap perusahaan untuk jangka panjang. Rekan – suplier, konsumen, karyawan,
bankir, pemegang saham – tidak suka berhubungan dengan pengusaha yang tidak
jujur. Mereka akan sulit menghilangkan sakit hatinya dan harus selalu waspada .
Kejujuran dan etika adalah benih kepercayaan dan ketika orang lain mulai
mempercayai Anda, banyak pintu yang akan terbuka.
Oleh: James Walsh
Bacaan lainnya :
4.