Tips Mengelola Uang THR

8 Cara Mengelola THR

AMPLOP tebal berisi tunjangan hari raya (THR) atau transferan THR ke rekening Anda, umumnya membuat Anda ‘gatal’ ingin membeli barang diidamkan. Dorongan seperti ini wajar saja, apalagi suasana menyambut hari raya memang sangat mendukung.Tetapi umumnya kita memang hanya memfokuskan penggunaan tunjangan itu untuk membeli apa yang diinginkan, bukan yang diperlukan. Nah barangkali 8 trik dibawah ini bisa dijadikan solusi supaya tidak ‘kecolongan’ seperti tahun lalu.

1. SIMPAN DI BANK YANG TIDAK BER-ATM
THR biasanya diberikan oleh perusahaan jauh hari sebelum Idul Fitri. Agar THR tidak langsung dibelanjakan, pindahkan ke bank yang tidak ber-ATM. Hal ini perlu agar Anda tidak leluasa menarik uang dari mesin ATM setiap saat.

2. DITABUNG SEBAGIAN
Sisihkan sekitar 10% untuk ditabung. Makin besar porsi yang disisihkan untuk ditabung, makin baik. Jika ingin membeli barang, cobalah memilih produk yang memiliki nilai investasi, misalnya emas. Gunakan kesempatan ini untuk menabung lebih banyak daripada biasanya.

3. DAHULUKAN YANG PENTING
Susun daftar barang atau keperluan yang harus didahulukan. Sisihkan untuk membayar THR orang-orang yang bekerja di rumah Anda, seperti pembantu dan sopir. Alokasikan sebagian uang THR untuk membeli makanan dan kue. Sebaiknya jangan membeli pakaian terlalu banyak. Dengan sedikit mix and match, baju Lebaran lama bisa disulap menjadi baru. Dengan begitu, jatah dana untuk pakaian bisa dialokasikan ke tempat lain yang lebih penting.

4. ATUR THR ANDA DAN SUAMI
Jika Anda dan suami sama-sama mendapat THR, alokasikan THR suami untuk membiayai berbagai kepentingan Lebaran. Sementara itu, Anda bisa memanfaatkan THR Anda untuk ditabung dan digunakan untuk belanja keperluan pribadi.

5. SISIHKAN UNTUK ORANG LAIN
Hari raya selalu identik dengan keinginan berbagi dengan orang lain yang membutuhkan bantuan. Sisihkan sejumlah uang untuk membayar zakat dan sedekah.

6. ANGGARAN MUDIK
Jika ingin mudik, sebaiknya Anda menyusun rencana jauh-jauh hari. Buatlah perkiraan kenaikan harga tiket yang biasanya melonjak. Kurangi belanja yang tidak perlu. Fokuskan pada biaya yang akan dikeluarkan untuk perjalanan mudik, selama di kampung, dan perjalanan pulang.

7. LUNASI UTANG
Anda bisa memanfaatkan sebagian uang THR untuk melunasi utang. Mungkin, Anda akan merasa THR lenyap begitu saja tanpa Anda membeli apa pun. Tapi, setelah Idul Fitri usai, Anda akan bisa merasakan betapa ringannya hidup tanpa utang.

8. INVESTASI
THR boleh saja digunakan untuk investasi. Jika ingin aman, sebaiknya berkonsultasilah dengan pakarnya. Salah satu investasi yang aman adalah menggunakan THR untuk membayar premi asuransi pendidikan anak-anak, kesehatan, atau jaminan hari tua. 

*dari berbagai sumber